Menghitung hari, detik demi detik, makin lama makin kerasa keberadaannya. Beuh begitulah yang saya rasakan setiap akan mau masa ujian. Rasanya seperti Count Down mundur ke kejatuhan.

Saat Ujian itu sebenernya menyenangkan loh, andaikan anda termasuk mereka yang pintar sekali. Yaitu orang-orang yang actually menikmati bidang dan pelajaran yang disajikan di depan anda, Sehingga saat ujian berlangsung anda akan menganggap ujian sebagai suatu tantangan yang merangsang adrenalin, sehingga saat anda dapat mengerjakan ujian anda merasakan kepuasan batin yang luar biasa, dan lalu saat anda tidak bisa anda akan terus tertantang untuk belajar lagi sampai masa ujian datang kembali dan anda berhasil menaklukkan ujian itu. Sayangnya saya tidak seperti itu. 

Ada juga saya rasa orang-orang yang pintar (tidak pintar sekali) yang menganggap ujian sebagai beban hidup yang luar biasa, yang membuat diri tertekan, karena kebanyakan dari mereka mempunyai ambisi dan gol yang harus bisa mereka penuhi, sehingga saat mereka bisa mengerjakan mereka hanya akan bersyukur dan kembali memikirkan ujian yang akan datang dan bagaimana cara mendapatkan nilai bagus dari ujian itu, dan jika mereka tidak bisa mengerjakannya, mereka banting meja (terdengar berlebihan si, tapi saya pernah melihat seseorang melakukannya). Saya juga tidak bisa bilang saya termasuk tipe yang seperti ini, karena tipe ini harusnya super rajin dan super sudah mengetahui semua jenis soal yang mungkin keluar di ujian.

Saya juga mengenal orang2 yang baru mulai mendengar denting2 ujian sehari sebelum ujian dan mengalami kepanikan luar biasa  sebelum dan saat ujian, karena tidak bisa. Tapi juga tidak melakukan banyak usaha untuk mengejar ketertinggalan. Tapi setelah ujian, mereka biasanya merasa mereka bisa mengerjakan, dan hasil ujian biasanya mengecewakan, lalu mereka yang paling banyak mengeluh sudah belajar giat tapi kok nilainya tidak bagus2? Dst. Terkadang saya seperti ini. Hehe.

Tapi yang paling membuat saya takjub adalah jenis orang2 yang cuek2 saja menghadapi ujian, tidak stres saat tidak bisa mengerjakan ujian, tidak juga berusaha belajar lebih untuk bisa mengerjakan ujian. Walau mungkin hasil yang dicapai gak baik ya, tapi setidaknya kan gak stress, dan gak nangis2 waktu belajar dan gak bisa. Saya bukan termasuk orang yang seperti ini si, tapi entah kenapa saya mau dong sedikit ketenangan hati orang2 ini. Kayanya jantung saya saat ini seperti mau meledak deh saking tegangnya.